YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 14 Agustus 2012

SEJARAH INTERNET

SEJARAH INTERNET

Sejarah internet bermula pada akhir decade 60-an saat United States Departemen of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi internetworking. Sarana tersebut merupakan standar yang mampu menghubungkan segala jenis computer diDoD dengan computer milik kontraktor militer serta organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroprasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.
            Pada tahun 1969,DoD memberi tugas kepada Advanced Research Project Agency (ARPA) untuk melakukan penelitian jaringan computer mempergunakan teknologi packet switching. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet.Pada awalnya,ARPAnet membangun jaringan yang menghubungkan empat tempat,yaitu:
  • Stanford Research Institute (SRI),
  • University of California at Santa Barbara(UCSB),
  • Unifersity of california at LosAngeles(UCLA),dan
  • University of Utah.
Tujuan awal pembentukan jaringan tersebut adalah untuk menghasilkan satu jaringan yang membolehkan proses pemindahan,pengambilan data yang terhubung antara computer satu dan computer lain yang terletak di tempat-tempat yang berbeda melalui beberapa jalur komunikasi yang berlainan.
Keadaan hubungan aliran komunikasi ini memang dibuat sedemikian rupa supaya proses pemindahan data tidak terganggu seandainya ada peperangan. fungsi jaringan computer didesain dalam kondisi yang tidak terpusat supaya tidak ada satu bagian atau kawasan khusus yang di musnahkan ketika keadaan sedang perang, oleh karena itu, apabila salah satu pusat pengendali computer hancur tidak akan menghancurkan system komputer yang lain.
            Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford Unifersity menghasilkan sebuah protocol yang disebut TCP/IP.Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus hingga sekarang dan menjadi protocol standar dalam internet. Tahun 1986 ARPAnet mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National Science Foundation (NFS) kemudian membiayai pembongkaran backbone ARPAnet menjadi backbone internet komersial dan dikelola oleh Advanced Network Service(ANS). Andil besar dalam perwujudan internet adalah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link transatlantic yang beroprasi pada 64 Kbps-2 Mbps pada tahun 1988.

sumber :http://9a-ikramsakinah.blogspot.com/2011/11/sejarah-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar